Budget

Forum Local Traveller Budget

This topic contains 3 replies, has 1 voice, and was last updated by Farid Farid 1 year, 2 months ago.

  • Author
    Posts
  • #46
    Farid
    Farid
    Keymaster
    • ★★★★

    5 Alasan Memilih Liburan di Dalam Negeri

    Ada banyak alasan untuk selalu menjelajahi alam dan menikmati budaya nusantara tercinta.

    Traveling sudah menjadi bagian penting dalam gaya hidup masa kini. CLEO yakin, dalam setahun pasti setidaknya Anda pergi berlibur ke luar kota, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ya, berwisata ke luar negeri sekarang bukan hal yang spesial lagi karena banyaknya promosi harga tiket murah yang dilakukan oleh berbagai maskapai penerbangan.

    Namun sejak beberapa tahun lalu, nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing mulai anjlok. Akibatnya, anggaran liburan ke luar negeri pun membengkak. Well, jangan sampai hal ini menghalangi rencana Anda untuk traveling, babes. Liburan, kan, tidak harus selalu pergi ke luar negeri. Indonesia sudah lama dikenal dengan kekayaan alam dan budayanya, bahkan ribuan turis mancanegara pun datang ke negara kita untuk menyaksikannya fakta ini dengan mata mereka sendiri. Jadi mengapa Anda harus pergi jauh-jauh? CLEO memberikan lima alasan mengapa agar Anda bepergian di dalam negeri.

    1. LEBIH MURAH
    Bepergian di dalam negeri tentu saja lebih murah terutama karena biaya yang dibutuhkan tak terlalu besar (walaupun bila ke Indonesia timur butuh biaya transportasi yang hampir sama dengan ongkos ke negara-negara Asia Tenggara). Memang bisa dibilang biaya transportasi, akomodasi, dan makan adalah faktor yang menyedot uang paling besar saat pergi ke luar negeri. Untuk menghemat biaya penginapan di luar negeri, Anda masih bisa memanfaatkan keberadaan teman/saudara-namun belum tentu ada di semua negara-atau menggunakan jaringan couchsurfing. Tapi untuk urusan makan, Anda tetap harus mengeluarkan uang cukup besar, terutama di negara-negara maju.

    Menurut Deedee Chaniago, penulis buku Flashpacking Keliling Indonesia, biaya berlibur di Indonesia jelas lebih murah. “Untuk tempat tinggal kita bisa menginap di rumah saudara atau teman. Harga makanannya pun lebih terjangkau. Di beberapa daerah, hanya dengan uang sepuluh ribu rupiah kita sudah kenyang. Bukan itu saja, traveling di Indonesia juga lebih hemat waktu dan pikiran untuk mengurus perjalanannya,” ungkapnya.

    2. SUDAH FAMILIER
    Bila bepergian di dalam negeri, kekhawatiran Anda tak perlu sebesar saat pergi ke negara baru yang budayanya jauh berbeda dari negara Anda. Anda masih hidup di iklim yang sama, menggunakan bahasa yang sama, selera lidah yang (hampir) sama, dan memiliki kultur yang mirip. Barry Kusuma, seorang travel photographer yang sudah menghasilkan buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia, mengungkapkan traveling di negeri sendiri membuat Anda tak perlu merasa khawatir tentang rasa makanan yang harus disantap atau penggunaan bahasa yang berbeda. Barry mengatakan setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan culinary yang unik dan wajib dicicipi. “Ada beberapa makanan favorit saya di nusantara, salah satunya adalah Gulai Itiak Lado Mudo dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Daging bebek yang dilumuri cabe hijau ini sangat cocok dengan udara dingin di Bukittinggi. Kalau di Papua saya ketagihan dengan Ulat Sagu Bakar yang rasanya creamy seperti mentega yang meleleh. Terakhir adalah Mie Gomak dari daerah Toba yang menurut saya merupakan salah satu mie tradisional terenak di Indonesia. Mie Gomak ini menggunakan bumbu dari tanaman Andaliman yang hanya tumbuh di sekitar Danau Toba,” paparnya.

    Soal bahasa, Barry bercerita ia pernah mengalami kesulitan berkomunikasi saat berkunjung ke Jepang. Maklum saja, semua petunjuk menggunakan huruf kanji dan ketika ia bertanya, banyak orang yang tidak bisa berbahasa Inggris. “Mau kemana-mana susahnya setengah mati,” kenangnya. Itulah sebabnya kepada para traveler baru, Barry menyarankan agar berkelana dulu di dalam negeri untuk melatih rasa percaya diri dan kemandirian sebelum traveling ke luar negeri. “Berlibur ke luar negeri sah saja, tetapi sebelumnya Anda juga harus menguasai negeri sendiri dahulu karena pada saat pergi ke luar negeri, Anda juga menjadi duta pariwisata untuk mempromosikan negeri sendiri. Sebagian besar turis asing yang saya temui umumnya sudah berkeliling negaranya terlebih dahulu sebelum bepergian ke luar negeri,” jelasnya.

    3. TIDAK BUTUH PASPOR DAN VISA
    Berwisata di dalam negeri sudah jelas tak membutuhkan visa yang kadang proses pengurusannya lama dan mahal. Tak jarang kadang permohonan visa yang Anda ajukan pun ditolak. Plus nobody minds if your passport is out of date. Belum lagi efek jet lag yang Anda rasakan bila bepergian ke negara dengan perbedaan waktu yang mencolok. Ini juga diakui oleh Putri Ayudya, mantan presenter program Jejak Petualang yang mengatakan, “Ada beberapa alasan utama saya memilih trip di dalam negeri. Adanya tiket-tiket promo dari maskapai penerbangan lokal adalah kelebihan trip dalam negeri. Saya juga tidak memerlukan waktu tambahan, tenaga, serta biaya untuk mengurus visa.”

    Meski banyak orang yang mengakui kalau malas bepergian di negeri sendiri karena prasarana publik yang masih minim, akses yang sulit, transportasi dan penginapan yang kurang memadai, namun sebenarnya Indonesia memiliki keunggulan tersendiri karena rata-rata penduduk Indonesia terkenal ramah dan suka menolong. “Meskipun beberapa tempat wisata masih memiliki fasilitas yang minim, perjalanan keliling Indonesia adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Sebagai petualang, tidak jarang hal itu justru menjadi daya tarik dan tantangan tersendiri,” tukas wanita sekarang menjadi presenter berita ini.

    4. MEMILIKI DESTINASI LENGKAP DAN BUDAYA YANG BERAGAM
    Kalau soal alam dan budaya, Indonesia jelas sangat unggul dibanding negara negara lain, terutama negara-negara di Asia Tenggara. Negara kita punya ribuan destinasi yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari gunung, danau, pantai, hingga laut, semua lengkap! Dari segi aktivitasnya pun sangat beragam; mendaki, menyelam, hingga menikmati budaya dan culinary yang unik. Ada banyak hal menarik yang hanya ada di Indonesia dan tidak ada di negara lain, misalnya Komodo yang hanya terdapat di Flores, upacara Ngaben di Bali, Danau tiga warna di Kelimutu, kuburan di tebing batu di Tana Toraja. Bahkan, keanekaragaman hayati di Raja Ampat termasuk paling kaya di dunia!

    Bayangkan, wisatawan mancanegara saja berbondong-bondong datang ke negara kita untuk menyaksikan semua hal tersebut. Masa Anda malah belum pernah melihatnya sendiri? Menurut Leonita Julian, blogger dari leonisecret.com yang hobi traveling, kelebihan Indonesia adalah keragaman dan keunikan budayanya. “Jangan sampai orang luar lebih mengetahui Indonesia daripada kita. Setiap ada teman yang posting foto traveling di dalam negeri, saya merasa ada saja tempat wisata indah yang perlu dikunjungi. Sepertinya tempat wisata di Indonesia tidak ada habisnya. Bahkan di kawasan terdekat sekali pun ternyata seru untuk dikunjungi dan terkadang terlewatkan dari radar kita,” katanya.

    5. MENINGKATKAN EKONOMI LOKAL
    Tahukah Anda dengan pergi berwisata di dalam negeri berarti Anda turut membantu perekonomian lokal? Hal ini juga disetujui oleh Dayu Prastini Hatmanti, Miss Scuba Diving International 2011, yang mengatakan bahwa berwisata di dalam negeri bukan hanya menambah nasionalisme pada diri sendiri, tapi ekonomi di kawasan wisata itu pun akan terbantu. “Sebagai orang Indonesia, tak ada salahnya jika kita mencoba untuk memperkaya negeri sendiri dengan traveling local. Dengan mengunjungi daerah-daerah di nusantara, berarti Anda turut mendukung peningkatan ekonomi setempat, karena penginapan yang Anda tempati, rumah makan tempat Anda memesan makan, tour guide yang Anda sewa, itu semua merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat setempat,” tambahnya. Dayu mencontohkan Bali sebagai salah satu bukti bahwa pariwisata dapat mendukung perekonomian suatu daerah.

    Sebagai Miss Scuba International, Dayu kerap bepergian ke berbagai kawasan wisata bahari. Di sana, ia memberikan penyuluhan kepada warga setempat bagaimana memanfaatkan potensi daerah mereka agar dilirik turis dan menjadi tuan rumah yang baik ketika wisatawan datang. “Selain itu, setiap menghadiri dive show di luar negeri, saya selalu mempromosikan Indonesia kepada para peserta dari negara lain. Hasilnya, beberapa teman dari Hongkong, Amerika, dan Thailand akhirnya datang ke Indonesia karena kedatangan turis asing ini akan turut menambah tingkat kesejahteraan ekonomi warga lokal,” tegasnya.

    Ref : http://www.cleo.co.id/travel/5-alasan-memilih-liburan-di-dalam-negeri

  • #50
    Farid
    Farid
    Keymaster
    • ★★★★

    comment sini lagi !!

  • #62
    Farid
    Farid
    Keymaster
    • ★★★★

    test active topic

  • #225
    Farid
    Farid
    Keymaster
    • ★★★★

    test lagi

You must be logged in to reply to this topic.